Posted in Daily Pieces

Two Days In A Row #1 14 Februari 2012

Tanggal 14-15 Februari kemarin, bagi saya rasanya seperti syuting film stripping.

Berawal dari batas berlaku SIM C saya yang mendekati akhir, dan baru saya sadari di minggu awal kuliah, dua minggu setelah saya kembali ke Bandung. Setelah berusaha mencari informasi ke sana ke mari, ternyata memang jalan terbaik adalah saya harus pulang untuk memperpanjang masa berlakunya. Maka jadilah, dua hari yang hectic.

Hari Selasa, 14 Februari 2012

Pukul 09.00 kurang lebih saya meninggalkan kosan tersayang, melaju ke lokasi pelayanan SIM Keliling di bilangan Batununggal. Sengaja saya berangkat pagi, berdasarkan pengalaman hari Minggu sebelumnya dimana layanan yang sama sudah tutup jam 10.30, padahal sudah dibela-belain jauh-jauh ke area Car Free Day Dago. Setelah sempat nyasar (seperti biasa), saya tiba di lokasi dan ternyata…antriannya sudah panjang, saudara-saudara. Berbekal wajah polos dan pengalaman nol mengenai perpanjangan SIM (maklum, masih muda), saya langsung meletakkan SIM dan fotokopi KTP di boks antrian.

Saya cukup was-was apakah prosedur saya sudah benar, maka sebelum nama saya dipanggil, saya sempatkan bertanya pada salah seorang petugas kepolisian. Dan ternyata, SIM saya memang tidak bisa diperpanjang di Bandung, karena:
1. KTP saya adalah KTP Kabupaten Bandung, sedangkan SIM Keliling hanya melayani warga ber-KTP Kotamadya Bandung
2. SIM saya SIM Sidoarjo, maka harus diperpanjang di kota asal. Kalaupun diperpanjang di Bandung, maka berkas SIM saya di Polres Sidoarjo harus dicabut.

Setelah mendengar penjelasan tsb, saya langsung mengambil kembali KTP dan SIM saya, lalu melaju ke kampus mengejar kuliah Aljabar Linear jam 09.30. Padahal  sempat terbersit pikiran bahwa saya tidak bisa masuk kuliah begitu melihat panjang antrian tadi. Atau terlambat pun tak apalah, asal diperbolehkan masuk. Ternyata saya tiba dalam keadaan kelas masih sepi.

Segera saya kontak orang tua, berkonsultasi bagaimana penyelesaian terbaiknya. Akhirnya diputuskan saya pulang sore itu juga.

Pukul 14.00, begitu kuliah Antena selesai, saya langsung menuju Stasiun Kiara Condong membeli tiket. Sesampainya di kosan sudah pukul 15.30, saya langsung bersiap-siap berangkat. Segala kelengkapan administrasi yang diperlukan saya bawa serta. Sekitar pukul 16.20, saya melaju keluar wilayah kampus.

Saya sempat bimbang akan naik kereta dari mana, Stasiun Hall atau Kiara Condong. Berhubung saya berangkat naik sepeda motor sendirian, artinya saya harus memilih tempat yang memadai untuk menitipkan Si Biru tersayang. Kircon saya rasa kurang aman, tapi lebih dekat. Ditambah lagi kereta tidak akan berhenti tepat pukul 17.00 di sini, ada sekitar 10 menit tambahan bagi saya di perjalanan. Stasiun Hall jelas aman, tapi jaraknya lumayan. Dengan sisa waktu hanya 40 menit, saya cukup was-was apakah bisa terkejar.

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya putuskan ke Stasiun Hall. Cukup khawatir sebenarnya, karena kecenderungan saya tersesat di jalan bisa jadi akan sangat merugikan di tengah momen seperti ini. 16.30, saya masih di daerah Buah Batu. 16.40, di bilangan Asia Afrika. 16.50, 16.55, dan akhirnya..saya sampai stasiun tepat pukul 16.57. Rekor bagi saya, Dayeuh Kolot-Stasiun Hall hanya dalam 37 menit.

Sesampainya tepat di pintu masuk stasiun, Sang Satpam dengan kalemnya bertanya kepada para calon penumpang di depan pintu, “Mutiara Selatan kosong, ya?”
Saya, tidak kalah kalemnya, menjawab, “Mutiara Selatan, Pak.”
Sedetik memandang saya, lalu Pak Satpam dengan paniknya memberi kode kepada petugas di seberang lain stasiun, kemudian beralih kepada saya, “Cepetan!
Ternyata kereta yang hendak saya tumpangi sudah hampir meninggalkan stasiun.

Jadilah, saya yang sedetik lalu masih berjalan dengan kalemnya, berlari-lari ke seberang jajaran platform stasiun khawatir tertinggal kereta. Benar saja, baru beberapa detik saya meletakkan badan di tempat duduk yang tertera di tiket saya, kereta sudah berderit melaju. Tuhan…

Sidoarjo, 17 Februari 2012

Advertisements

One thought on “Two Days In A Row #1 14 Februari 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s